Itsmid (Celak)

Rp 25.000

Beli

“Celak yang terbaik untuk kamu adalah itsmid. Sesungguhnya ia bisa menjernihkan penglihatan dan menumbuhkan bulu mata.” (Abu Daud:3878)

Lengkapnya

Silakan Hubungi Kami

Rumaisha Info 1 : Offline

OFF

Telepon/SMS:

+628119200910/+622130574875

+628119200910

2227176F

Ibnu Abbas meriwayatkan dari Nabi Shollallohu ‘Alaihi wasallam, bahwasanya beliau bersabda:

خَيْرُ أَكْحَالِكُمُ الْإِثْمِدُ. إِنَّهُ يَجْلُو الْبَصَرَ وَيُنْبِتُ الشَّعَرَ.

“Celak yang terbaik untuk kamu adalah itsmid. Sesungguhnya ia bisa menjernihkan penglihatan dan menumbuhkan bulu mata.” (Abu Daud:3878)
Ibnu Abbas juga meriwayatkan, bahwasanya Nabi Shollallohu ‘Alaihi wasallam dahulu selalu bercelak dengan itsmid setiap malam menjelang tidur sebanyak tiga kali oles pada masing-masing mata. Beliau mempunyai tempat celak yang beliau gunakan setiap malam; tiga kali di bagian ini; dan tiga kali di bagian ini.”(Ahmad: 1/354)
Sementara Anas meriwayatkan, bahwasanya Nabi Shollallohu ‘Alaihi wasallam suka bercelak dengan itsmid sebanyak tiga kali di mata sebelah kanan dan dua kali di mata sebelah kiri.”(Tirmidzi:1757).
Ia juga meriwayatkan, bahwasanya beliau pernah menyuruh bercelak dengan itsmid yang dicampur dengan minyak misik (kesturi) menjelang tidur. Dan beliau bersabda, “Orang yang berpuasa hendaknya menghindarinya.”Abu Daud:2377).

Celak berkhasiat untuk menjaga kesehatan mata, memperkuat cahaya penglihatan, menjernihkan pandangan mata, dan melembutkan materi yang busuk serta mengeluarkannya. Menggunakan celak menjelang tidur akan lebih baik karena tidak adanya gerakan (aktivitas) yang berbahaya dan terbantu oleh tabi’ah (alam). Dan celak jenis tertentu bisa digunakan sebagai kosmetik.

Itsmid adalah batu celak berwarna hitam. Jenis yang terbaik berasal dari Asfahan. Tetapi juga ada yang datang dari barat. Itsmid yang terbaik adalah yang mudah pecah, pecahannya berkilauan (gemerlap), bagian dalamnya halus, dan tidak kotor. Ia memiliki karakter dingin-kering. Ia sangat berguna bagi mata. Ia dapat menguatkan mata, mengencangkan syaraf-syarafnya, dan menjaga kesehatannya. Ia juga dapat menghilangkan daging yang tumbuh di dalam bisul, menyembuhkannya, membersihkan kotoran-kotorannya dan mengeluarkannya. Dan ia juga bisa menghilangkan pusing (sakit kepala) jika dicampur dengan madu cair yang halus dan digunakan untuk bercelak. Itsmid adalah celak mata terbaik. Terutama bagi orang-orang tua dan orang-orang yang penglihatannya lemah. Caranya dicampur dengan sedikit misik. Dan jika ditumbuk halus dan dicampur dengan sedikit lemah segar lalu dioleskan pada luka bakar, maka tidak akan timbul khasykarisyah dan membantu mengatasi flek-flek yang ditimbulkannya.

Untuk menumbukan bulu mata, campurkan dengan air zam-zam

15 Produk lainnya di kategori yang sama